Jalan Jalan Ke Pasar Rumput

Thursday, February 12, 2009


Tadi dhuha gw ma emak gw maen ke pasar rumput. i mean pasar rumput yang dikelola pd.pasar jaya, bukan tempat jualan sepedanya. well, kunjungan ini sebenarnya ga sengaja. tapi tetep ada maksudnya. awalnya sebenarnya gw mo belanja kaos2 gitu di pasaraya manggarai. tapi mahal2 euy. ga ada yang diskon. ga kaya lebaran. hehe.

pas cabut dari pasaraya, emak gw ngusulin nyoba aja ke pasar rumput. "waktu mama muda dulu banyak tuh yang dagang baju di situ. cobain aja". gw bertanya "kapan tuh?". jawabnya "yah, waktu nenekmu dulu masih seger. sekitar 10-20 taunan yang lalu lah". :p

dan akhirnya kitapun markir di situ. gw si sebenernye ke sini ga niat beli apa2. cuma berhubung skripsi gw tentang ritel yah gw sekalian liat2 lah (pasar adalah salah satu bentuk ritel). penjelajahan dimulai dari lante atu. set dah. jalanannya sempit bet. bukan karena ramainya, tapi karena penempatan lapak2nye.

selama yang gw sisir yang gw liat adalah pedagang baju, celana, stationary (alat tulis kantor), jajanan, aksesoris hape, pulsa, maenan, tas, dll. miris gw pas ngeliatin lapak2nya. sepi banget dari pengunjung. gimana mao untung kalo dagang dikit yang beli.

setelah gw lewatin 1 lap lante 1nya, gw berlanjut ke lante 2. sebenernye si rada takut juga ke atas. abis dari jauh aja tu lante 2 suasananya "naughty" gitu. lorong2 yang gelap dengan beberapa lapak yang kosong tak terurus. pada awalnya gw ngelewatin beberapa toko sepatu (yang kembali sangat sedikit pembelinya). kemudian toko tas. kemudian ada toko mas (yang gw yakin sangat mengandalkan pembeli langganan). karaoke dangdut (what???).

Beberapa lapak ke depan hawa2 "nakal"nya mulai berasa kuat. ya, dan akhirnya gw ngelewatin lapak2 yang bertuliskan "SALON PRIA WANITA", dengan diselingi tempat maen biliard. yang menjadi perhatian gw adalah "salon"nya itu. menurut gw sih tuh salon "pongras" alias sepong keramas...hahaha...sori bahasanya vulgar. tapi kayanya emang demikian adanya deh. lawong "salon"nya di ruang tertutup, alat potong seadanya, yang motong wanita paruh baya berdandan...dan satu lagi (ini yang membuat gw tambah yakin ama praduga gw)...ada kasur dengan tirainya. uanyiiiiiing!!!

pelanggan: mba, cukur mba
mba2 salon: cukur apanya mas?
pelanggan: apa aja deh..tapi keramasnya di akhir aja ya
mba2 salon: boleh (dengan nada nakal dan mengerling)

*pintu pun ditutup saat pelanggan "dilayani"*
*uh oh uh oh*
pelanggan: mba ke kasur aja...
mba2 salon: baik (sambil mengencangkan lagu dangdut dari tape yang ada di salon)

*bang thoyib..bang thoyib..(dan suara mereka pun tenggelam dalam dentum keras lagu abang thoyib yang ga pulang2)..*

udah ah ngayalnye..hehe..by the way, menurut gw yang ngurusnya (dari pihak pd pasar jaya) ble'e. haha..

buat yang penasaran..selamat membuktikan. tapi saran saya...bawa shampoo sendiri yah..hehehehehehehe

-hanya mencoba untuk menjadi lebih baik. hanya mencoba untuk lebih berguna-

3 comments

  1. lo mau ceritain pasarnya atau salonnya sih?

    ya klo pasar yang masih berlabel PD Pasar Jaya di jakarta ini..ya gitu deh..kumuh..sepi..horor..
    kondisi pasar tradisional memang seperti itu..banyak yang dagang..yang beli kagak ada..
    gmana mau beli...liat pasarnya kondisinya kayak gitu aja bikin males mampir..

    ReplyDelete
  2. samlikum,

    Ketika harga di pasar-aya semakin tinggi, maka akan semakin banyak orang yang gak mampu beli, (contonya-elu al, menurut cerita lo itu, no offense ye..he..).

    Atau dengan kata lain akan ada demand untuk apparel yang lebih murah. Maka muncul lah penjual2 yang melihat kesempatan ini, dan ketika ada penjual dan pembeli terbentuklah pasar, ya pasar-umput itu.

    Tapi tetep aja barang-barang di pasar-umput bukan substitusi yg sempurna barang-barang di pasar-aya. Ya kulitas, merek, lingkungan (becek, bau, kumuh, preman dll).

    Ceritanya juga bisa kebalikanya, yang justru muncul duluan pasar-umput (waktu nenek lo masih seksi). Ketika perekonomian semakin maju muncul kelas2 baru dalam masyarakat yang menginginkan kuailtas dan suasana belanja lebih baik.

    ReplyDelete
  3. Senang rasanya bisa berkunjung ke website anda" mudah-mudahan
    infonya bermanfaat Terimakasih sudah berbagi

    ReplyDelete

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading