Cerita Motivasi dan Inspirasi tentang Random Act of Kindness

Thursday, August 20, 2015

Suatu saat Oscar Wilde pernah berkata "tindakan kebaikan, sekecil apapun itu, jauh lebih baik daripada niat baik terbagus sekalipun".

Tuhan memang menghitung niat baik kita. Karena jika seseorang memiliki niat baik, tinggal masalah waktu saja dia akan mewujudkannya. Namun bagi anda yang ingin melihat dunia berubah menjadi lebih baik, kenapa harus menunggu? Anda bisa melakukan perubahan dunia itu sekarang juga, dengan cara melakukan kebaikan-kebaikan kecil.

Tahukan anda, bahwa tindakan kebaikan yang anda lakukan, akan memberikan dampak yang positif bagi orang lain. Senyuman anda pada orang yang anda temui di jalan bisa jadi akan mencerahkan hari orang tersebut. Menahan pintu agar tetap terbuka sampai orang di belakang anda masuk, bisa jadi membuat hati orang tersebut lebih senang.

Tidak dibutuhkan waktu yang terlalu banyak dan energi berlebih untuk terus menjaga dan melakukan tindakan kebaikan ini. Seberapa sibuknyapun kamu, tentu kamu masih bisa mengaplikasikan tindakan kebaikan seperti ini.

Misal ketika pesanan makanan anda di restoran datang, sampaikanlah terima kasih secara tulus kepada si pelayan. Bisa jadi senyuman dan terima kasih yang anda sampaikan itu merupakan energi yang ia butuhkan untuk menjalani hari.

Random Act of Kindness atau tindakan kebaikan yang acak adalah sebuah cara agar orang membiasakan untuk memberikan energi positif kepada lingkungan sekitar. Kita manusia adalah makhluk yang tentu melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar kita. kita bukan makhluk individualis. Dan karena kita makhluk sosial, energi yang kita bawa, entah itu energi positif atau negatif, tentu akan mewarnai sekitar kita.

Coba sekarang jika kamu melakukan tindakan kebaikan, mintalah imbalan. Wah, kalau gitu pamrih dong. Tidak mengapa, karena imbalan yang kamu minta adalah agar orang yang anda tolong mau berbuat baik ke 3orang lainnya, sekecil apapun perbuatan baik dan pertolongan itu. Dengan demikian, anda tidak hanya baik sendirian, tapi anda mengajak orang lain ikut baik juga.

Dan bukankah kita diminta oleh Tuhan kita untuk mendakwah ajaran Nya walau hanya dengan menyampaikan satu ayat? Dan bukankah diantara ayat Nya terdapat anjuran untuk berbuat kebaikan kepada sesama? Dan bukankah Tuhan akan mengganjar niat baik seseorang? Coba bayangkan, sekedar niat saja ada anjurannya, apalagi pula sebuah tindakan baik.

Jangan tunggu jatuh sakit, jika sekarang dikala sehat kita bisa berbuat baik. Jangan tunggu kita tua, jika kita selagi muda sudah bisa menyebar kebaikan. Jangan tunggu kita susah, jika sekarang masih lowong sudah bisa beramal bajik. Semoga cerita motivasi dan inspirasi ini bisa menggerakan kamu untuk mulai mengaplikasikan Random Act of Kindness. Lihat dan saksikan perubahan ke arah kebaikan yang anda buat.

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading