5 Cara Sederhana Membangun Motivasi Diri untuk Anda

Friday, August 14, 2015

Dalam memotivasi diri, seseorang perlu melakukannya dengan cara yang tepat. Bagaikan mengarungi lautan, seorang nahkoda kehidupan perlu mengarahkan hidup ke arah yang tepat. Motivasi diri itu ibarat bensin, bahan bakar, kayuhan, daya untuk membuat perahu kita terus melaju ke arah tujuan hidup. Tanpa motivasi, kehidupan seseorang akan statis, jumud, jalan di tempat.

Hidup itu sendiri, kadang berjalan bagaikan lautan yang tenang. Langitnya teduh, kicau burung camar terdengar indah bersaut-sautan. Tapi terkadang ada satu masa dimana lautannya berubah menggila. Ombak berdeburan, mengamuk dengan hantaman yang kuat. Seorang nahkoda kehidupan yang handal, tidak terlena di saat lautan menjadi tenang. Nahkoda yang handal juga tidak takut menghadapi badai kehidupan.

Sobat semua yang sedang menghadapi kesulitan, maupun yang sedang dalam kondisi lenggang, perlu untuk belajar cara motivasi diri dengan benar. Motivasi diri ini perlu dilakukan secara rutin dan konsisten. Zig Zaglar berkata, motivasi diri itu seperti mandi, kita membutuhkannya setiap hari. Tanpanya, tubuh akan dikerubungi kuman-kuman yang membuat lemah dan lelah.

Jaga terus motivasi sobat sekalian dengan cara yang tepat. Salah seorang motivator, pernah membagi cara untuk memotivasi diri yang tepat. 5 cara mudah dalam memotivasi diri, antara lain adalah sebagai berikut:


Cara Pertama Memotivasi Diri: FOKUS

kata dan cara memotivasi yang pertama adalah fokus
Permudah Cara Memotivasi Diri Anda dengan Fokus
Fokuslah pada apa yang anda inginkan! Fokuslah pada penyelesaian masalah utama yang anda hadapi! Fokuslah pada kekuatan anda! Fokuslah pada apa yang anda miliki! Fokus.. fokus.. dan fokus.

Sulit memotivasi diri jika isi kepala kita tidak fokus pada tujuan yang kita kejar. apa yang terjadi jika dalam sebuah lomba marathon, kita malah lari berputar-putar? Tentu akan cepat lelah. Alih-alih sampai tujuan, jangan-jangan energi kita malah sudah habis di tengah jalan.

Otak anda akan mengeluarkan daya yang optimal ketika anda bisa fokus pada satu hal di satu waktu. Dan oleh karena itu, jika anda ingin mulai memotivasi diri, fokuskan diri anda pada area yang tepat. Taruh fokus anda pada penyelesaian masalah. Fokuskan pada solusinya. Jika anda merasa rendah diri, coba fokuslah pada kelebihan anda, pada keunggulan anda. Jika anda merasa serba kekurangan, cobalah fokus pada anda yang miliki.

Menempatkan perhatian anda fokus pada area yang tepat adalah langkah pertama dalam memotivasi diri. 

Cara Kedua Memotivasi Diri Dengan Tepat: Bacalah Success Story!

Membaca success story akan membawa anda menemukan kata-kata yang dapat memotivasi
Jaga Motivasi Diri Anda dengan Membaca Success Story
Secara alamiah, diri anda mencari contoh untuk ditiru. Ketika kecil, dengan insting anda, anda belajar mengeksplor dunia dengan cara mengobservasi. Itu artinya apa? Itu artinya anda belajar dari lingkungan. Anda belajar mencari referensi dari sekitar. Dan membaca kisah-kisah sukses, adalah cara yang tepat dalam menambah referensi anda dan memotivasi diri anda.

Apa yang terjadi jika anda banyak bergaul dengan tukang pandai besi? benar, badan anda akan bau logam. Apa yang terjadi jika anda banyak bergaul dengan tukang minyak wangi? Ya, anda juga akan tertular wanginya. Ternyata otak anda juga demikian. Jika terlalu banyak anda mendengar cerita-cerita yang berbau pesimisme, maka otak anda akan ikut pesimis. begitu juga sebaliknya.

Otak kita ibarat teko. Isinya bisa berisi cairan apa saja. Anda bisa isi teko anda dengan air zam-zam yang menyegarkan dan menyehatkan, atau mengisinya dengan air comberan yang kotor dan penuh penyakit, itu tergantung anda. Membaca, itu adalah cara anda mengisi otak anda. Perbanyak membaca kisah sukses seseorang, dan anda akan belajar untuk optimis dan menjadi sukses.

Cara Ketiga Motivasi Diri Dengan Tepat: Carilah lingkungan yang mendukung

Lingkungan yang mendukung akan memberikan anda kata-kata motivasi
Bakar Motivasi Anda Dengan Bergabung di Lingkungan yang Mendukung
Lingkungan sangat berpengaruh dengan diri seseorang. Ada penelitian yang menyatakan bahwa, sebagian besar orang yang sukses, biasanya memiliki kawan-kawan yang juga sukses. Sebagian besar orang yang sukses akan sebisa mungkin mencari lingkungan yang mendukung dirinya untuk sukses.

Seorang pelajar yang ingin lulus dalam seleksi ujian masuk perguruan tinggi negeri, ada baiknya perlu menjaga lingkungannya. Jauhilah untuk sementara "teman" yang justru sering mengajak untuk mencontek. Masuklah ke lingkungan pelajar yang fokus belajar dan mau berbagi. Yakinilah, lingkungan berpengaruh.

Seorang pengusaha yang sedang berjuang untuk sukses, carilah komunitas yang tepat. Bergaullah dengan sesama pengusaha yang sedang berjuang juga. Masuklah ke komunitas pengusaha yang terdapat pengusaha suksesnya. Jadikan sang pengusaha sukses itu mentor bisnis anda. Dan jangan sekali-kali berjuang sendirian, lone fighter. 

Anda membutuhkan energi positif dalam mendukung anda, dan itu anda dapatkan dari lingkungan yang tepat.

Menjaga Motivasi Diri Dengan Tepat: Catatlah Perkembangan Kemajuan Anda

Dengan menuliskan perkembangan maka anda bisa memotivasi diri
Jaga Motivasi Kamu Dengan Menuliskan Setiap Perkembangan Yang Dicapai
Seringkali orang merasa belum berhasil bukan karena belum berhasil. Namun lebih karena tidak tahu bahwa ia ternyata telah mencapai suatu perkembangan. Catatlah selalu perkembangan kemajuan anda. Jika anda seorang pelajar, maka catatlah berapa nilai try out anda sebelum menjalani proses pembelajaran. Lihat dan pantau terus perkembangannya.

Bagi anda para pegawai yang menginginkan promosi, tentu anda perlu mengetahui seberapa besar sebenarnya kompetensi yang anda miliki. Catatlah posisi awal anda dalam satu aspek kompetensi yang ingin diperbaiki, misal katakanlah public speaking. Catat pula kemajuan-kemajuan yang anda alami, sekecil apapun, dalam proses peningkatan kemampuan public speaking tersebut.

Misalnya saja, anda baru saja berhasil berbicara di depan umum tanpa gemetar lututnya. Catat kemajuan itu, selamati diri anda. Lalu jika sudah kemajuan tangan tidak keluar keringat dingin ketika berbicara di publik, catat juga kemajuan itu. Selain itu, misalnya, jika ada kemajuan mata anda bisa menatap eye to eye ke pendengar, dan tidak lagi melihat lantai saja, catat hal bagus itu. Rayakan kemenangan-kemenangan anda, sekecil apapun itu. 

Rasa penghargaan kepada diri, penting sekali dimiliki oleh orang yang ingin memotivasi diri untuk sukses. Dan itu didapatkan dengna mencatat setiap perkembangan kemajuan.

Langkah Kelima Untuk Motivasi Diri Dengan Tepat: Nikmati Perjalanannya

jaga motivasi anda dengan menikmati jejak langkah hidup anda
Motivasi Diri Anda Dengan Menikmati Tiap Detik Perjalanan Hidup Anda
Nikmatilah perjalanan hidup anda. Yakinlah bahwa untuk menjadi sukses itu haruslah berproses. Tidak ada yang hal besar dan kuat dalam tahan lama yang dicapai dengan cara yang instan. Anda bukanlah Bandung Bondowoso yang mampu membangun 999 candi dalam waktu satu malam. Anda bukanlah tokoh fiktif yang ada dalam film-film hollywood atau bollywood. Anda adalah anda, seorang manusia yang memiliki kelemahan dan juga banyak kelebihan.

Nikmatilah perjalanan hidup anda. Yakinlah bahwa esok hari akan selalu muncul matahari yang menghangatkan bumi. Dan yakinlah bahwa malam itu ada agar anda bisa beristirahat menyiapkan energi anda untuk membadai di esokan harinya. Katakanlah pada diri anda, saya menikmati perjalanannya, saya menikmati prosesnya, saya menikmati setiap langkah hidup yang anda jalani.

Demikian 5 langkah sederhana untuk memotivasi diri dengan cukup mudah dan tepat. Semoga hal tips 5 cara motivasi diri ini berguna untuk anda.

Salam Motivasi!

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading